Apakah pojok request itu perlu diadakan?

Entri Populer

Sabtu, 31 Maret 2012

Tugas Interaksi Manusia dan Komputer

ANALISA USER INTERFACE
PADA DETIKINET.COM

Kelompok:
Vina Rehadi O A11.2009.04673
Olivia Kristanti A11.2009.04681
Ibrahim Sidik N A11.2009.04686
Pada tugas analisa desain pada website ini website yang akan dianalisa adalah situs berita Detikinet. Alamatnya adalah http://detikinet.com/ atau http://inet.detik.com/ :











Berikut ini adalah analisis tentang website situs berita detikinet :
·
Desain Web :
• Pemberian warna background untuk tiap halaman yang selalu sama;

• Peletakan Navigation bar yang sama untuk setiap halaman yaitu di tepi paling atas dan paling bawah tiap-tiap halaman.


• Peta Site (site-map)

Detikinet memiliki peta situs, yakni "outline" bagi halaman Web dengan menunjukkan ide dan topik besar bersama-sama dengan subtopik yang terkandung di dalamnya. Detikinet memiliki susunan halaman yang teratur serta link-link yang jelas sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat menjelajahinya. Pengunjung tidak akan merasa kebingungan dalam mencari informasi yang dibutuhkan.



• Navigation Bar
Navigasi-navigasi pada detikinet konsisten terletak di tepi paling atas dan paling bawah pada halaman web. Navigation bar pada situs ini tidak hanya berupa text, tetapi juga berupa grafik yang di desain menggunakan software desain grafis sehingga lebih cantik dan menarik.
Seluruh Navigation bar pada situs ini mewakili link-link tertentu dengan jelas dan tidak menyesatkan pembaca. Navigation Bar juga bisa disebut shortcuts pekerjaan pengunjung untuk melihat halaman lain akan menjadi ringkas (tidak perlu mengetikkan alamat lagi).

· Logo dan Nama Website

Logo dan nama website merupakan identitas utama yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Untuk itu, logo sebaiknya dibuat menarik. Website detikinet mempunyai logo yang menarik, dan warnanya sesuai dan cocok dengan backgroundnya. Website detikinet memiliki logo dan nama website seperti tercantum di bawah ini:

• Tampilan Profile

Situs Detikinet memiliki halaman Forum yang memungkinkan pembacanya memasukkan alamat e-mail serta saling bertukar informasi dengan para pengunjung yang lain. Sebelum dapat mengakses halaman Forum, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisikan biodata. Untuk menghindari kekeliruan (Pencegahan Kesalahan) beberapa data (diantaranya nama id, alamat e-mail) tidak boleh sama. Jika sama maka detikinet akan menampilkan pesan terjadinya error. Pesan eror ini juga merupakan pembalikan aksi dari detikinet
Pada halaman Forum ini, terdapat penutupan (keadaan akhir) yakni pada saat pengunjung yang ingin keluar dari halaman forum, pengunjung harus melakukan sign-out. Hal ini bertujuan agar data anggota forum tetap aman.
Situs ini juga memiliki milis pembaca sehingga pengunjung dapat menanyakan langsung apa-apa yang ingin lebih jauh diketahuinya dari situs, bahkan orang-orang yang terlibat di balik layar, serta informasi-informasi lainnya.

• Ruang Komen
Detikinet memiliki ruang komen yang diberi tittle Komentar Anda. Jika dilihat dari banyaknya komentar yang masuk pada masing-masing topik yang terdapat dalam ruang komen ini (lima topik tiap minggu), maka dapat dipastikan bahwa situs ini merupakan situs yang ramai pengunjungnya. Pengunjung dapat member komentar setelah melihat berita dalam situs ini. Dengan adanya ruang komen ini, pembangun situs dapat memperbaiki situsnya serta adanya informasi yang akan didapatkan oleh pengunjung.

• Pemilihan Kata
Pembaca berharap untuk memperoleh informasi yang diinginkan apabila berkunjung ke suatu halaman Web. Di Detikinet, pengunjung akan dihadapkan pada bahasa yang menarik dan mudah dipahami pada setiap informasi yang disajikan.

• Ruangan FAQ (Frequently Asked Question)
Detikinet memiliki ruang Prime click, Do You Know, dan Intermezzo. Ruang-ruang tersebut merupakan jawaban dari persoalan-persoalan yang umum terjadi.
Persoalan-persoalan umum yang akan diberitakan (karena Detikinet merupakan situs berita) ditampilkan dibagian intinya (bagian atas) dan untuk mengetahuinya lebih lanjut pengunjung dapat meng-klik link yang telah dibuat.

• Grafik
Detikinet merupakan situs yang menarik karena di dalamnya terdapat gambar-gambar yang tertentu yang kadang-kadang terlihat lucu (misalnya animasi). Gambar-gambar tersebut berukuran kecil sehingga tidak membebani situs (fast-loading) dan relevan.

• Mekanisme Pencarian
Situs ini memiliki search-engine dari google yang memungkinkan pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan hanya dengan memasukkan kata kuncinya. Search-engine ini memiliki dua opsi, yaitu web (merujuk pada database website umum / database google) dan detikinet.com (merujuk pada database intern yang dimilki detikinet)

• Tampilan Berita
Berita-berita yang disajikan oleh detikinet selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari,tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan. Selain itu, Detikinet juga mencantumkan jangka waktu dilakukannya up-date yakni per tujuh hari/satu minggu (terdapat di bawah ruang Komentar Anda).

• Link yang Relevan
Detikinet memiliki link-link yang merujuk ke halaman web lain berkenaan dengan topik yang sama dengan yang disajikan. Hal ini menyebabkan pembaca merasa senang karena dapat memilih web yang memiliki topik yang diinginkan.
· Searching
Fitur search memilki label “SEARCH” (pencarian khusus), yang terdapat di metrotvnews.com terletak dipojok kanan atas memudahkan pengguna dalam melakukan proses pencarian.

2 komentar:

  1. sipp gan, thanx gan inponya :D

    BalasHapus
  2. eaaa ini mah mirip kayak tugas Matkul Perancangan User Interface ane wkwkwkwkw
    nice inpoh :3

    *ed

    BalasHapus